Bagaimana Cara Mengajari Anak Balita Berenang


Blog Dokter - Ada sekian banyak metoda bangaimana cara mengajari anak balita berenang, semua tentu bertujuan untuk membuat si kecil sehat. Pada dasarnya berenang bagi balita adalah tahap pengenalan terhadap medan atau dunia baru bagi syaraf motorik balita, tidak bertujuan untuk berenang dalam arti seperti perenang atletik ya...yuk mari kita simak bagaimana cara mengajari anak balita berenang, berikut langkah aplikatif yg sekiranya bisa menjadi acuan.

Mengajari anak balita berenang adalah sejak bayi setelah usia 4 bulan sebenarnya anak sudah bisa diajarkan berenang jika kepala bayi anda sudah tegak karena sudah sehat secara motorik, pernapasan jantung serta pencernaannya. Bunda sudah bisa mengajarkan bayi Bunda untuk berenang dikolam renang buatan seperti yang terjual di pasaran dengan ukuran-ukuran yang tersedia, bahkan saat dirumah pun Bunda bisa mengajarkan bayi bunda untuk berenang bersama.

  • Sebelum berenang, balurkan cairan khusus di kulit tubuh si kecil agar sinar matahari tak merusak kulitnya yang masih peka. Cairan ini juga berfungsi melindungi kulit anak dari kemungkinan iritasi yang diakibatkan oleh obat/cairan yang kerap digunakan di kolam renang seperti kaporit.
  • Untuk perlindungan kulit muka yang sangat sensitif sekaligus perlindungan mata akibat air di kolam renang, gunakan kacamata khusus untuk berenang. Pada beberapa toko olahraga terkemuka, tersedia kacamata renang untuk Anak balita. Namun yang penting usahakan bagian muka dan kepala Anak selalu berada di atas air.
  • Hindari melontarkan kata-kata yang tak mendukung selama Anda mengajari si kecil berenang. Tunjukkan selalu sikap riang dan wajah penuh senyum sehingga si kecil dapat menikmati berenangnya.
  • Bila si kecil mengalami "kecelakaan" seperti tersedak air atau tergelincir, ingatlah untuk tak menunjukkan sikap panik. Lakukan tindakan dengan segera, namun dengan sikap tetap riang.
  • Selalu beri pujian setiap kali Anak mampu melakukan tahapan berenang yang diajarkan kepadanya. Sebaliknya, jangan mengejek atau mengatakan ia bodoh kala ia gagal, tapi berilah kata-kata yang membuatnya makin bersemangat untuk terus belajar.
  • Jangan lepaskan si kecil sedetik pun dari pengawasan Anda. Baik kala ia berenang di rumah, di kolam renang umum, maupun di tempat kursus.
  • Usai berenang, segera mandikan si kecil. Bila berenang di kolam renang umum yang mengandung kaporit, guyur ia dengan air cukup banyak untuk menghilangkan kaporit tersebut menempel terlalu lama di kulit. Gunakan sabun dan sampo khusus untuk anak. Setelah itu, keringkan tubuhnya dan baluri tubuhnya dengan lotion pelembut.
  • Berhentilah pada saat balita Anda sudah kedinginan bahkah bila baru sebentar berenangnya.
  • Hentikan kegiatan berenang untuk sementara kala si kecil sakit, kendati ia hanya batuk pilek. Begitu pula jika ia terkena ruam kulit dan diare.

Kategori Artikel : Ibu dan Anak
Judul Artikel :Bagaimana Cara Mengajari Anak Balita Berenang
URL Artikel : http://blogdokter-indonesia.blogspot.com/2012/02/bagaimana-cara-mengajari-anak-balita.html
Ditulis oleh: Ahmad Fauzi Nasa -

Belum ada komentar untuk "Bagaimana Cara Mengajari Anak Balita Berenang"

Poskan Komentar