Porsi Olah Raga Harian


Blog Dokter - Repot bekerja harusnya bukan dijadikan sebagai argumen untuk tidak berolahraga. Cuma dengan menyempatkan waktu cuma 30 menit tiap-tiap harinya, bila berkelanjutan dikerjakan, dapat berikan faedah optimal untuk kesehatan fisik. Penelitian teranyar menunjukkan, olahraga dengan kurun waktu lebih pendek mampu berikan hasil optimal, dibanding yang dikerjakan kurun waktu lama.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scandinavian Journal of Public Health ini menyampaikan, latihan teratur 30 menit satu hari kurangi berat tubuh tiga kali semakin banyak. Hasil ini semakin banyak dibanding latihan yang teratur dikerjakan satu jam satu hari.

Menurut beberapa ilmuwan olahraga latihan keras sepanjang satu jam malah bakal bikin seseorang merasa kelelahan. Akhirnya mereka malas olahraga serta tak menggerakkan rutinitas hidup sehat.

Menurut peneliti Dr Astrid Jespersen, beberapa responden yang berolahraga 30 menit mengaku alami penambahan daya. Daya ini berikan motivasi mereka untuk teratur latihan serta melakukan pola hidup sehat tiap-tiap hari.

“Para responden tetap pernah naik turun tangga, mengajak anjing jalan-jalan, atau sebatas bersepeda, ”ujarnya. Jespersen mengharapkan penelitian ini berikan motivasi seseorang teratur berolahraga untuk melindungi kesehatannya.

Dalam risetnya, peneliti memantau 60 pria Denmark yang sehat tetapi menanggung derita sedikit overweight. Monitoring dikerjakan sepanjang 13 minggu. 1/2 dari responden lakukan latihan 30 menit dengan jogging serta naik sepeda. Sesaat responden yang lain lakukan latihan yang sama sepanjang satu jam.

Akhirnya responden yang latihan 30 menit berat tubuhnya menyusut 3, 6 kilogram. Sesaat responden yang berlatih satu jam berat tubuhnya cuma menyusut 2, 7 kilogram.

Hasil ini di dukung penelitian dari Norwegian University of Science and Technology, Trondheim. Dalam penelitian ini, latihan dikerjakan intensif 12 menit sepanjang satu minggu yang dibagi jadi empat menit per sesi. Akhirnya kekuatan badan menyerap oksigen meningkat serta tekanan darah alami penurunan.

Hal semacam ini berbeda dengan tips umum yang merekomendasikan, orang dewasa latihan 150 menit satu minggu dalam porsi tengah. Apabila latihan dikerjakan dalam porsi berat, durasi jadi 75 menit satu minggu. Walau sebenarnya, menambahkan durasi latihan membuahkan penambahan penurunan berat tubuh. Dalam risetnya, BMI wanita menyusut 0, 7 per menitnya tiap-tiap hari waktu olahraga.

Menurut Prof Bente Stallknecht, yang memimpin penelitian di Faculty of Health and Medical Sciences, University of Copenhagen, hasil riset ini memanglah mengagetkan.

“Riset ini adalah pengembangan apakah kalori yang hilang waktu olahraga diganti, baik dengan konsumsi yang jadi tambah atau penurunan fisik. Tetapi hasil yang kami bisa malah terbalik, latihan moderat bikin seseorang lebih aktif walaupun diluar jam latihan, ” katanya.



0 Response to "Porsi Olah Raga Harian"

Posting Komentar