Khasiat Dan Manfaat Binahong

Blog DokterKhasiat Dan Manfaat Binahong - Yuk kita belajar mengenal herbal tanaman di sekitar kita, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tanaman yang dikategorikan pada tanaman obat yang diberi nama Binahong, apakah anda termasuk yang belum tahu mengenai binahong ? Sekilas seperti nama yang aneh, namun di tempat saya tinggal binahong sangatlah mudah dijumpai, bahkan hampir setiap rumah punya lho yang namanya binahong, lebih sering daun binahong dimanfaatkan sebagai obat trdisional, nah kali ini kita akan sedikit menyelidiki mengenai Khasiat Dan Manfaat Binahong ini.

Khasiat Dan Manfaat Binahong sudah banyak diketahui oleh warga pedesaan, ini bisa jadi dikarenakan binahong digunakan sebagai obat secara turun menurun. Pohon binahong ini merambat seperti halnya pohon sirih, biasa dahulu bahkan di depan rumah saya, binahong digunakan untuk tanaman perdu dibentuk melengkung pada pintu masuk halaman rumah, daunya yang unik dengan batang sedikit kemerahan membuat binahong juga asri dijadikan tanaman penghias halaman rumah, namun ternyata Khasiat Dan Manfaat Binahong tidak hanya untuk memperindah halaman naum juga sebagai obat.

Khasiat Dan Manfaat Binahong paling sering diguakan untuk mengobati luka baru, dan untuk memar atau bengkak akibat benturan, ini yang pernah saya alami sendiri ketika tangan kena benturan palu, ayah saya meremas daun binahong lalu menempelkan pada luka memar, anehnya pada luka memar akibat kena palu tadi tidak menjadi panas dan darah tidak kemudian beku. Binahong juga sering digunakan pada ibu setelah melahirkan, katanya sebagai penambah vitalitas atau memulihkan tenaga.

Nah untuk lebih detail mengenai Khasiat Dan Manfaat Binahong, maka kali ini blog dokter berbagi informasi yang kami kumpulkan dari berbagai nara blog sebagai berikut.


Khasiat Dan Manfaat Binahong Untuk Penyakit Berat

  • Batuk/muntah darah : gunakan 10 lembar daun binahong rebus dalam 2 gelas sisakan 1 gelas, minum tiap hari
  • Paru-paru/bolong : 10 daun binahong direbus lalu dikonsumsi secara rutin
  • Kencing manis : 11 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Sesak nafas : 7   lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Borok akut(menahun) : 12 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lb    daun  binahong diminum setiap hari
  • Darah rendah : 8   lembar daun  binahong  diminum setiap hari
  • Radang ginjal   : 7   lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb     daun binahong diminum setiap hari
  • Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari.

Khasiat Dan Manfaat Binahong Untuk Penyakit Ringan


  • Disentri/buang air besar  : 10 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Ambeyen berdarah   : 16 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Hidung mimisan         :   4 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Habis bedah/operasi : 20 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Luka bakar           : 10 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Kecelakaan/benda tajam  : 10 lembar daun  binahong diminum setiap hari
  • Jerawat                 :  8 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Usus bengkak      :  3 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Gusi berdarah     :  4 lembar daun  binahong  diminum setiap hari
  • Kurang nafsu makan :  5 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Kelancaran haid         :  3 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Habis bersalin/melahirkan :  7 lembar daun binahong diminum setiap hari
  • Menjaga stamina tubuh  :  1 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Penghangat badan     :  5 lembar daun binahong  diminum setiap hari
  • Lemah syahwat         : 3-10 lb      daun  binahong diminum setiap hari.
Sumber: Rahasia Pijat Jawa Untuk Kesehatan dan Penyembuhan ......", halaman 113-114, disusun oleh Ny. S. Jatiningrum, Dua Media, Surabaya, 2011
Khasiat Dan Manfaat Binahong sangat banyak juga ternyata. Tidak heran dijadikan semacam tanaman wajib pada masa lalu, jaman sekarang binahong juga masih mudah ditemukan di pedesaan, padahal binahong ini juga bisa hidup jika kita tanam di dalam pot. Nah bagaimana dengan Anda? Tertarik menanam pohon binahong ini ??? Semoga bermanfaat - Salam Kesehatan.Sumber: Binahong

Kategori Artikel : Herbal
Judul Artikel :Khasiat Dan Manfaat Binahong
URL Artikel : http://blogdokter-indonesia.blogspot.com/2012/09/khasiat-dan-manfaat-binahong.html
Ditulis oleh: Ahmad Fauzi Nasa -

18 komentar untuk "Khasiat Dan Manfaat Binahong"

  1. baru dengar nich saya nama tanaman ini

    BalasHapus
  2. saya ingin belajar tentang segala sesuatu mengenai tanaman binahong. daerah jawa tengah dimana tempatnya? tolong dibalas. terimakasih.

    BalasHapus
  3. @illay : Binahong banyak sekali di pedesaan di Yogyakarta seperti Bantul, Sleman, Wonosari, Kulon Progo. Dan saya rasa merata di Indonesia, mudah didapat kog, siapa tahu disekitar Anda ada, coba tanya-tanya dahulu.

    BalasHapus
  4. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik tentang khasiat dan manfaat binahong adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  5. alhamdulillaahh.
    dirumah saya banyak tumbuh binahong. awalnya gak tau juga tiba2 tumbuh gitu aja. tapi sekarang jumlahnya banyak banget, pertumbuhannya cepat dan mudah beranak binak.
    btw. binahong kan ada umbinya, kira2 ada manfaatnya gak, yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass mhn bantuan daun binahong sy sangat membutuhkan

      Hapus
  6. Kalo belum punya, carinya dimana ya pak.

    BalasHapus
  7. Saya punya binahong untuk yg membutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikirim Pak, untuk ditanam

      Hapus
  8. Subhanallah, banyak sekali manfaatnya.. wajib ditanam nih

    BalasHapus
  9. Dimana pak bisa dapatkan bibit binahong ini di jakarta utara /kelapa gading ?

    BalasHapus
  10. dimana bisa didapat bibitnya ? atau ada yg mau bergabi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di rumah tetangga saya banyak tuh... tanamnya mudah banget..ada umbinya ada tunasnya tinggal clep langsung tumbuh...saya sudah coba alhamdulillah sangat manjur..saya batuk ga sembuh sembuh coba makan daun binahong tiga lembar sekaligus besoknya ga kedengaran batuk lagi...Alhamdulillah Allah telah memberikan manfaat melalui daun ini...

      Hapus
  11. Saat ini sudah banyak dijumpai dipasaran, ekstrak binahong dalam bentuk kapsul agar lebih praktis dalam pemanfaatannya.

    BalasHapus
  12. artikel yang bagus,terimakasih.Kebetulan saya baru saja dapat bibit tanaman ini dari teman.

    Eddy

    BalasHapus
  13. Ass bagi yg punya tanaman (daun) binahong baik yang warna hijau at warna merah mohon di bagi yg membutuhkannya karena banyak manfaatnya bagi tubuh kita ...... sy tunggu infox

    BalasHapus
  14. bagus juga buat cacar air
    bulan lalu anak saya terkena cacar air di seluruh tubuhnya,
    saya ambil sebanyak mungkin daun binahong, saya haluskan (blender),
    lalu saya balurkan di tubuhnya yang terkena cacar.
    alahamddllh....tiga hari kering dan tanpa bekas.

    BalasHapus
  15. bagi yang berminat mau meng extrak binahong,saya bisa sediakan dalam 1minggu 200kg,karna buah/umbi bi9nahong ini lebih banyak hasil extrak nya,siap untuk melyani perusahaan,,hubungi saya di 082136164925,Anto

    BalasHapus